Tips Mudah untuk Membuat Logo Esport

    No Comments Grafis

    Tips Mudah untuk Membuat Logo Esport – Setiap ajang dalam pertandingan cabang olah raga memang kerap menyita banyak perhatian penonton ketika semua tim terlibat dalam pertandingan demi memperebutkan gelar juara dan hadiah utama, tanpa terkecuali pada ajang game online.

    ESport (Electronic Sport) merupakan salah satu cabang olah raga game online khususnya game competitive sebagai media pertandingan. Pemainnya juga bisa terdiri dari satu orang maupun berkelompok (team).

    Bila dilihat, sudah banyak variasi multiplayer video game yang kini dijadikan ajang esport. Yang paling terkenal mungkin bergenre FPS dan Strategy, contohnya Conter Strike Global Offensive (CS GO) dan Dota 2.

    Kini banyak para tim pro player yang terkenal. Selain terkenal dengan squad team papan atasnya, kini disertai dengan logo tim yang menjadikan simbol identitas tim di mata pesaing lainnya. Lalu bagaimanakah tips atau cara mudah membuat logo ESport?

    Sebenarnya Anda dapat mendownload file mentahannya di internet. Namun yang menjadi masalahnya kebanyakan logo di internet sudah digunakan oleh orang lain. Jika tidak desain polosannya mungkin tidak sesuai dengan logo yang diinginkan. Cara yang paling mudah yaitu dengan membuat logo sendiri.

    Sebelum masuk ke tahap pembuatan, ada hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelumnya diantaranya mascot dan adobe photoshop.

    Mascot Logo bisa didapatkan di google search dengan keyword “Mascot logo png”, atau bisa kunjungi situs Pinterest dan situs lainnya yang menyediakan mascot logo menarik secara gratis. Untuk Adobe Photoshop gunakan versi sesuai yang tersedia di computer misalnya versi CS6.

    Jika sudah lengkap, langsung ke tahap membuat logo ESport berikut ini:

    • Pertama-tama buka aplikasi photoshop.
    • Buat lembar baru dengan cara klik File – New atau tekan Ctrl + N, atur ukuran dan resolusi sesuai kebutuhan.
    • Buat layer baru, lalu masukan icon mascot dengan klik File – Place, atur ukurannya sesuai dengan keinginan.
    • Membuat salinan layer mascot dengan cara klik kanan pada layer lalu piih Duplicate Layer atau  dengan tekan Ctrl + J. Lalu klik kanan pada layer mascot paling bawah lalu pilih Blending Options.
    • Pada layer style, pilih Gradient overlay lalu ubah gradient warna sesuai dengan keinginan (sesuaikan dengan tema). Pilih ok jika sudah.
    • Tekan Ctrl + T pada layer, lalu tekan Shift + Alt (jangan di lepas) klik kiri pada objek mascot lalu perbesar.
    • Untuk membuat logo ESport selanjutnya adalah membuat layer baru lagi (posisi paling atas).
    • Klik kanan pada symbol T lalu pilih Horizontal Type Tool,  masukan nama team yang diinginkan.
    • Klik kanan pada layer tulisan nama team lalu pilih Blending Options, atur stylenya sesuai dengan keinginan.
    • Buat layer baru lagi, posisinya dibawah layer tulisan team.
    • Klik kanan pilih Pen Tool, jangan lupa untuk mengatur warna dasar dan warna pinggir pada Fill dan Stroke, bentuk backround tulisan sekreatif mungkin lalu beri warna dasar sesuai tema.

    Untuk variasi Anda bisa menambahkan icon lambang tameng atau shield, kotak, lingkaran dan bentuk lain di belakangnya sesuai keinginan. Jika dirasa  mahir dalam menggambar, Anda bisa membuat desain awal pada kertas lalu edit di software dengan cara di scan atau foto. Anda juga bisa menggunakan gambar-gambar biasa yang kemudian dapat diubah menjadi sebuah mascot.

    Itulah cara dan tips membuat logo ESport dan diharapkan Anda bisa membuatnya sendiri. Alternatif lain bagi pengguna smartphone Android bisa dengan menggunakan Adobe Photoshop Touch dan Picsay Pro. Semoga dapat bermanfaat.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *